Pelatihan Renang Artistik Untuk Asian Games 2018



Selasa 17 Juli 2018 kemarin saya diberi kesempatan untuk menyaksikan secara langsung pelatihan Renang Artistik bersama Viva.co.id 1newstainment di Stadion Aquatik, seru sepertinya bisa lihat langsung pelatihan yang akan ikut dilombakan di Asian Games 2018 apalagi dilatih langsung oleh Jennifer Grey pelatihan handal.


Sampai disana pun ternyata benar-benar seru ya gerakan mereka indah sekali, sangat terlihat terbiasa terlatih seperti menari dalam air,unik dan keren.


PB PRSI & FINA Gelar Pelatihan Renang Artistik di Indonesia 
Jakarta,
Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI berusaha keras mencetak atlet-atlet renang artistik (red-sebelumnya bernama renang indah) di Indonesia. Salah satu caranya, dengan menyelenggarakan pelatihan kepada seluruh pelatih di Indonesia bertajuk "FINA Artistic Swimming for Coaches - Jakarta" yang akan berlangsung di Gelora Bung Karno Akuatic Centre Jakarta, 14-18 Juli. 
Pelatihan ini akan diikuti seluruh pelatih, wasit dan juri, mantan atlet hingga insan pecinta olahraga renang indah. 

Tujuan coaching clinic ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatih renang artistik di berbagai propinsi yang sudah membina renang artistik. "PB PRSI bekerjasama dengan FINA, juga berusaha mendorong pengprov-pengprov yang belum membina agar mulai mencetak pelatih renang artistik di daerahnya," ujar ketua panitia, Robert Francis Gumulya.

FINA atau Federasi renang seluruh dunia, sangat membantu pelatihan ini dengan mengirimkan pelatih kaliber dunia sebagai nara sumber yakni Jennifer Gray, MBE dari Britania Raya. MBE adalah Member of The Most Excellent Order of the British Empire.

Jennifer akan memberi pelatihan selama lima hari dengan berbagai metode, baik di dalam kelas maupun langsung praktek di kolam. Rencananya setiap pagi hari, setiap peserta akan mendapatkan teori sebagai pelatih di dalam kelas dan sore harinya langsung terjun ke kolam latihan.


Kita bahas sedikit yuk tentang Renang indah (bahasa Inggris: synchronized swimming) atau renang sinkronisasi adalah olahraga yang meumadukan unsur-unsur renang, senam, dan tari. Olahraga ini dipertandingkan secara beregu, tunggal, duet, atau trio. Renang indah memadukan kekuatan dan ketahanan fisik dengan keluwesan, keanggunan, nilai artistik, dan kemampuan menahan napas sewaktu berada di dalam air. Berkembang awal tahun 1900-an di Kanada, renang indah adalah olahraga yang didominasi wanita.


Renang indah sudah menjadi salah satu cabang eksibisi sejak Olimpiade Helsinki 1952, tetapi baru mulai dipertandingkan sejak Olimpiade Los Angeles 1984. Pertandingan renang indah di olimpiade dan kejuaraan dunia renang indah tidak terbuka untuk pria. USA Synchro dan Synchro Canada adalah kejuaraan nasional di AS dan Kanada yang menerima peserta pria.
Atlet renang indah dituntut memiliki kekuatan fisik, kelenturan tubuh, dan kemampuan aerobik yang tinggi dalam melakukan gerakan yang tersinkronisasi. Di hadapan juri, perenang indah melakukan dua set gerakan wajib yang terdiri dari gerakan teknis dan gerakan bebas.
Renang indah diatur Federasi Renang Internasional (FINA). Di Indonesia, renang indah berada di bawah naungan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), dan dipertandingkan di Kejuaraan Nasional Renang Indah Kelompok Umur serta Pekan Olahraga Nasional. Renang indah antara lain juga dipertandingkan dalam Kejuaraan Renang Asia.

Begitulah tentang acara Pelatihan Renang Artistik semoga sukses di Asian Games 2018, Dukung Bersama Asian Games.

Komentar

Postingan Populer