Gerakan Hari Peduli Sampah (HPSN)

Jakarta, 12 Februari 2018,
Sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia Bersih dan #BebasSampah2020, kami para relawan Bergerak Indonesia Bebas Sampah 2020 atau yang dikenal dengan BIBS kembali akan menyelenggarakan rangkaian gerakan Nasional bertajuk PEduli SAmpah Nasional atau #PESAN2018 secara serempak pada tanggal 17 s.d 25 Februari 2018 dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Gerakan ini akan dilaksanakan di beberapa titik di berbagai wilayah Indonesia serta bekerjasama dengan Pemerintah pusat, Pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, swasta, berbagai komunitas, tokoh masyarakat, artis, media dan setiap individu yang memiliki kepedulian akan persoalan sampah yang dihadapi. Seperti tahun sebelumnya, setiap elemen yang berpartisipasi atau selanjutnya disebut Kolaborator Bebas Sampah yang akan bergerak secara serentak diajak untuk terlebih dahulu melakukan pendaftaran kegiatan/aksi/gerakannya melalui portal bergerak.bebassampah.id atau bit.ly/DaftarGerakPESAN2018. Sementara untuk rekomendasi kegiatan yang dapat digunakan dan panduan kolaborasi lengkapnya bisa diakses melalui bit.ly/paketkolaborasiPESAN2018.

Sebagai suatu bentuk resolusi pergerakan, tahun ini kami akan mengumpulkan Penggalangan Aspirasi Publik secara masal melalui portal change.org/AspirasiBebasSampah, Melalui aspirasi ini, bersama teman-teman dan masyarakat dunia yang peduli akan isu persampahan di Indonesia, kami hendak meminta dukungan dan mengajak Bapak Presiden untuk memimpin terwujudnya sistem pengelolaan sampah yang baik melalui penegakan peraturan persampahan di Indonesia serta memastikan terlaksananya kewajiban pihak yang terkait, baik dari sektor pemerintahan (Pusat, Provinsi, Daerah), swasta dan masyarakat. Mengingat kondisi yang sudah sangat kritis, kami berharap TINDAK LANJUT isu persampahan dilaksanakan SECEPATNYA dan kami percaya bahwa melalui penegakan hukum, BERSAMA kita dapat mewujudkan Indonesia yang bersih, bahkan bebas sampah.
SIARAN PERS 2.0
MARI BERGERAK DALAM RANGKAIAN PEDULI SAMPAH NASIONAL TAHUN 2018
#PESAN2018
Dilaksanakan Dalam Rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)
bergerak.bebassampah.id
Sebagai sebuah pengingat bersama, Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN yang diperingati setiap 21 Februari sendiri dilatarbelakangi terjadinya tragedi kelam dalam dunia persampahan Indonesia, yaitu longsornya gunungan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir; saat ini disingkat Tempat Pemrosesan Akhir) Leuwigajah pada 2005 silam yang menimpa perkampungan warga Cilimus dan Pojok, Jawa Barat, sehingga menewaskan ratusan korban jiwa. Tragedi di TPA ini menjadi yang terparah kedua di dunia.

Sejak 2015, relawan pegiat persampahan yang tergabung dalam Bergerak Indonesia Bebas Sampah 2020 bergandengan tangan untuk memperingati HPSN lebih dari sekedar selebrasi dan peringatan. Sebuah gerakan nasional bertajuk PESAN atau PEduli SAmpah Nasional diluncurkan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergerak serentak tidak hanya pada 21 Februari saja.
Jumlah Kolaborator Bebas Sampah yang ikut serentak bergerak dalam Rangkaian Peduli Sampah Nasional semakin meningkat dari tahun ke tahunnya sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 2015. Saat itu tercatat gerakan serentak berhasil dilaksanakan di 20 kota, dengan 23 titik lokasi dan 61 Kolaborator Bebas Sampah yang bergerak dengan aksinya masing-masing. Di tahun 2016 jumlah Kolaborator Bebas Sampah meningkat pesat, tercatat sebanyak 1.024 Kolaborator Bebas Sampah yang bergerak serentak dari 155 Kota/Kabupaten, dan terakhir data di tahun 2017 tercatat sebanyak 9.550 Kolaborator Bebas Sampah dari 226 Kota/Kabupaten yang secara serentak ikut bergerak di wilayah masing-masing dalam rangkaian Peduli Sampah Nasional atau #PESAN2017.
Kami yakin dengan semangat dan besarnya potensi pergerakan di Wilayah Indonesia didukung dengan tercipanya kerjasama dari seluruh pihak, maka Indonesia Bersih dan Bebas Sampah 2020 bukanlah suatu hal yang mustahil untuk diwujudkan.
Mari Bergerak!
Konfirmasi Lebih Lanjut:
2. Melalui Bagian Media: Saepul | Saepul@greeneration.org | +62 813 2066 4064
2. Melalui Koordinator Eksternal: Andre | Andre@greeneration.org | +62 812 9094 8555

Komentar

Postingan Populer